Sabtu, 08 Juni 2013

TATA CARA ATAU ATURAN ETIKA KOMUNIKASI AGAR TIDAK KACAU, SEHINGGA MENCAPAI TUJUAN YANG DIHARAPKAN

SKEMA DASAR SISTEM KOMPUTER


Pada abstraksi tingkat atas, sistem komputer terdiri atas empat komponen. Keempat komponen itu bekerjasama saling berinteraksi untuk mencapai tujuan sistem komputer, yaitu komputasi. Keempat komponen sistem komputer adalah :

1. Pemroses
2. Memori utama
3. Perangkat masukan/keluaran
4. Interkoneksi antar komponen

a. Pemroses

Pemroses berfungsi mengendalikan operasi komputer dan melakukan fungsi pemrosesan data. Pemroses terdiri dari :

1. Bagian ALU (Aritmetic logic unit) untuk komputasi
2. Bagian CU (Control unit) untuk pengendalian
3. Register - register

b. Memori Utama

Memori berfungsi untuk menyimpan data dan program. Memori utama biasanya volatile, tidak dapat mempertahankan data dan program yang disimpan bila sumber daya energi listrik dihentikan. Saat ini komputer mengikuti konsep program tersimpan von neuman, yaitu program disimpan di suatu tempat (memori) dimana kemudian instruksi-instruksi itu dieksekusi. Sasaran yang akan dicapai komputer sesuai atau bergantung program yang disimpan untuk dieksekusi. Penggunaan komputer dapat disesuaikan hanya dengan mengganti program yang disimpan di memori untuk dieksekusi. Konsep ini menghasilkan keluwesan yang sangat luar biasa.

c. Perangkat Masukan Atau Keluaran

Perangkat masukan/keluaran berfungsi memindahkan data antara komputer dan lingkungan eksternal. Lingkungan eksternal dapat diantarmuka dengan perangkat seperti :

1. Perangkat penyimpanan skunder
2. Perangkat komunikasi
3. Terminal
4. Dan sebagainya

 Perangkat - perangkat ini berfungsi menghubungkan komputer dengan lingkungan sehinggakomputer bermanfaat bagi lingkunganya.

d. Interkoneksi Antar Komponen

Interkoneksi antarkoponen adalah struktur dan mekanisme untuk menghubungkan ketiga komponen( pemroses, memori utama, dan perangkat masukan/keluaran ). Secara fisik interkoneksi antar komponen berupa perkawatan. Interkoneksi tidak hanya perkawatan tapi juga memerlukan tata cara atau aturan komunikasi agar tidak kacau (chaos) sehingga mencapai tujuan yang diharapkan.

Sumber :

a. http://mawmanik.blogspot.com/2013/05/penulisan-jelaskan-bagaimana.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar